Raih Beasiswa Endeavour Pemerintah Australia 2016

15 Mei 2015 Info Beasiswa


Termasuk beasiswa luar negeri yang populer, kini Beasiswa Endeavour kembali hadir disediakan bagi mahasiswa internasional termasuk Indonesia. Beasiswa Pemerintah Australia ini bisa dibilang sangat luar biasa karena kandidat akan bersaing langsung dengan mahasiswa di seluruh dunia. Perolehan beasiswanya juga terbilang tidak main-main karena bernilai miliaran rupiah.

Tahun lalu, beasiswa ini dinamai Endavour Awards di mana beasiswa tersebut dibuka oleh Pemerintah Australia setiap tahunnya. Di tahun 2016, beasiswa ini berubah nama menjadi Endeavour Scholarships and Fellowships. Beasiswa ini ditawarkan untuk negara-negara di Asia-Pasifik, Timur Tengah, Eropa, Amerika, bahkan Australia sendiri.

Beasiswa Endeavour kali ini menyediakan beasiswa mulai dari beasiswa studi,riset, training, atau beasiswa untuk pengembangan profesional. Beasiswa ditawarkan untuk semua bidang.

Kandidat terpilih nantinya akan memperoleh beasiswa meliputi:

  • Tunjangan kemandirian ($2.000 untuk fellowship, $4.000 untuk scholarships),
  • biaya perjalanan ($3.000),
  • tanggungan penuh biaya pendidikan,
  • uang saku bulanan ($3.000),
  • asuransi kesehatan,
  • asuransi perjalanan,
  • serta dukungan bersifat pribadi seperti pengarahan sebelum keberangkatan,
  • serta diberi kesempatan menghadiri lokakarya pengembangan profesional dan resepsi.


Manfaat lain adalah masuk keanggotaan jaringan alumni yang aktif untuk mempertahankan hubungan profesional dan pertemanan.

Beasiswa yang dapat diikuti:

Endeavour Postgraduate Scholarship

Beasiswa ditawarkan untuk kandidat internasional yang ingin mengambil gelar master atau PhD (kuliah biasa atau riset) di Australia. Durasi 2 tahun untuk beasiswa S2dan 4 tahun untuk beasiswa S3. Biaya pendidikan (tuition fee) yang ditanggung hingga $ 15.000 per semester. Beasiswa bernilai total $272.500 (PhD) $140.500 (Masters).

Endeavour Vocational Education and Training (VET) Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan bagi Anda yang ingin mengambil pendidikan vokasi maupun training di Australia. Jenjang yang ditawarkan Australian Diploma, Advanced Diploma, atau Associate Degree. Beasiswa berdurasi 1 - 2,5 tahun. Tuition fee yang ditanggung hingga $6.500 per semester. Beasiswa bernilai total $131.000.

Endeavour Research Fellowship

Beasiswa Endeavour satu ini ditujukan bagi mahasiswa internasional yang ingin mengambil riset singkat untuk jenjang master, PhD, maupun riset postdoktoral di Australia. Durasi beasiswa 4 - 6 bulan dengan nilai total $24.500.

Endeavour Australia Cheung Kong Research Fellowship
Nilai dan durasi beasiswa sama dengan Endeavour Research Fellowship

Endeavour Executive Fellowship

Jika Anda seorang profesional dan ingin mengembangkan diri, tawaran ini menjadi jawabannya. Beasiswa berdurasi 1- 4 bulan berupa pelatihan pengembangan profesional di Australia. Nilai beasiswa hingga $18.500.

*Ctt: Nilai beasiswa dalam mata uang dolar Australia.

Persyaratan:

  1. Berusia 18 tahun atau lebih pada saat dimulainya program
  2. Merupakan warganegara/penduduk tetap dari negara peserta (salah satunya Indonesia)
  3. Memulai program yang diusulkan setelah tanggal 1 Januari 2016 dan paling lambat 30 November 2016. Program yang dimulai sebelum dan sesudah 2016 tidak memenuhi syarat
  4. Menyediakan semua dokumen pendukung yang relevan
  5. Tidak sedang memperoleh atau sudah menyelesaikan beasiswa yang disponsori Pemerintah Australia, setelah 1 Januari 2014
  6. Tidak berlaku bagi mereka yang sudah memperoleh beasiswa Endeavour


Dokumen aplikasi:

Download guidline: di sini

Pendaftaran:

Masuk dan login di laman Endeavour. Lengkapi semua dokumen yang diminta dan perhatikan pula penjelasan tiap dokumen yang diperlukan. Pelamar dapat mengajuan beasiswa lebih dari satu namun aplikasi harus dibuat terpisah berdasarkan jenis beasiswa yang dipilih.

Deadline paling lambat 30 Juni 2015. Kandidat yang terpilih maupun tidak akan diberitahu pada Desember 2015 melalui email. Informasi pertanyaan dapat diajukan via email: endeavour@education.gov.au atau melalui laman Endeavour.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)