Program Beasiswa untuk Gelar Master di Belanda

14 Januari 2014 Info Beasiswa   |    Ridwan Tanuwijaya


Mungkin masih membekas di benak kita apa yang dilakukan negri ini selama 3,5 abad kepada kita. Tapi jangan berpikir negatif dulu terhadap negri bunga tulip tersebut. Belanda terkenal akan bidang tekniknya. Misalnya saja dia mampu untuk mempertahankan negaranya agar tidak tenggelam walaupun datarannya lebih rendah dari lautan. Beberapa struktur jalanan dan bangunan di Indonesia pun masi asli buatan Belanda.

Eindhoven University of Technology (TU/e) merupakan salah satu universitas terkemuka di Belanda yang bidang studinya tentang penerapan teknologi. Setiap tahunnya, TU/e membuka kesempatan beasiswa untuk pelajar internasional. Beasiswa ini diberikan kepada mereka dengan nilai tertinggi.

TU/e bangga terhadap reputasi sebagai universitas nomor 1 di dunia untuk hasil ilmiah dalam hubungannya di bidang industry. Lebih lanjut, Brainport Eindhoven merupakan salah satu dari pusat teknologi yang paling inovatif di Eropa. Philips Electronics sebagai contohnya sebagai perusahaan lebih dari seabad asal dari sini dan banyak lagi perusahaan multinasional mengembangkan fasilitas produksinya dekat dengan Eindhoven.

Program beasiswa ini meliputi 5 tahun periode sebagai berikut, 2 tahun masa studi untuk gelar master dan 3 tahun bekerja untuk perusahaan yang membiayai beasiswa. Dalam hal ini, Anda bisa langsung memperoleh pengalaman kerja internasional dan meningkatkan kesempatan karir.

Bagi yang berminat dapat langsung menyerahkan form pendaftaran sampai dengan tanggal 1 Februari 2014.

Cara mendaftar beasiswa dan proses seleksi

· Isi lengkap formulir pendaftaran secara lengkap sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Anda dapat mengisi formulir pendaftaran di sini.

· Jika diterima dalam program master dan memiliki rata-rata nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 80% dari universitas bertaraf internasional, Anda akan masuk prosedur seleksi untuk program beasiswa dari Amandus H. Lundqvist(ALSP) ini.

· Tidak dapat mengajukan langsung program beasiswa ALSP. Anda harus mengajukan program master di bawah ini.

· Pengajuan untuk program Master di TU/e merupakan pengajuan untuk program beasiswa ALSP, kecuali tidak berkeinginan untuk mengajukan beasiswa ALSP

· Setiap departemen di TU/e memilih murid terbaik untuk pemilihan beasiswa TU/e. Panitia seleksi beasiswa memberikan beasiswa kepada murid terbaik yang bertalenta tinggi.

· TU/e mencocokan latar belakang akademis dan keterampilan dari murid sesuai dengan kebutuhan organisasi yang menyumbang beasiswa. Kecocokan berdasarkan dari informasi yang terkandung dalam formulir pendaftaran yang diajukan ke bagian admisi TU/e program master.

· Penawaran ini berlaku hanya sekali dan tidak dapat ditawar.

Dalam pencarian kecocokan, Anda mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan perusahaan. Mahasiswa program master internasional di TU/e dengan program beasiswa ALSP akan dibawa untuk menghubungi perusahaan yang berpartisipasi dalam program ALSP ini. Jika ada kecocokan antara calon penerima beasiswa dengan perusahaan, Anda akan menerima beasiswa dari perusahaan tersebut. Setelah lulus, akan bekerja untuk perusahaan selama 3 tahun berturut-turut.

Untuk info beasiswa lebih lanjut, dapat dilihat di sini.

Sumber www.tue.nl/en