Program Beasiswa StuNed: Kesempatan untuk Berkontribusi dalam Pembangunan Indonesia

16 Desember 2015 Info Beasiswa


StuNed, Studeren in Nederland, atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Setiap tahun antara 200 sampai 250 beasiswa penuh ditawarkan kepada mereka yang bergiat dalam pembangunan Indonesia.

Penerima beasiswa dapat mengikuti program studi internasional dalam bahasa Inggris seperti master course, short course, atau tailor madetraining.

Program StuNed merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia yang tercantum dalam Multi Annual Policy Framework (2014-2017) yang meliputi bidang-bidang yang diprioritaskan yaitu:

  • Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi (International Trade, Finance and Economics)
  • Transportasi, (Agro) logistik dan Infrastruktur (Transport, (Agro)logistics and Infrastructure)
  • Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
  • Air (Water)
  • Agro-Pangan dan Hortikultura (Agro-Food and Horticulture)
  • Manajemen Kesehatan (Health Management)


StuNed menitikberatkan pada pengembangan dan meningkatkan-kapasitas institusi dalam rangka mendukung bidang-bidang tersebut.

Modalitas Program StuNed

PROGRAM MASTER (individual application)

Program Master diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi internasional di Belanda untuk jangka waktu pendidikan 12-24 bulan dan diakhiri dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands - Vlaamse Accreditatie Organisatie)

PROGRAM SHORT COURSE (individual application)

Program Short Course meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2 - 12 minggu dan diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma. Program ini diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya.

PROGRAM TAILOR MADE TRAINING (group application)

Program Tailor Made Training diperuntukkan bagi organisasi yang berkeinginan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya. Program Tailor Made Training biasanya berlangsung selama 3 minggu dan diberikan oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya. Pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemohon.

SASARAN

Kandidat StuNed idealnya memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi tempat mereka bekerja, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektifitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.

Prioritas akan diberikan kepada pelamar yang:

  1. Program studi dan/atau area pekerjaannya berkaitan dengan bidang prioritas kerjasama bilateral Indonesia dan Belanda.
  2. Berpotensi menjadi pemimpin di masa mendatang yaitu mereka yang memiliki prestasi akademis dan non akademis/kepemimpinan yang sangat baik, yang dibuktikan dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Memiliki motivasi kuat untuk mengikuti program studi yang dipilih, yang diartikulasikan di bagian motivation statement di formulir pendaftaran.


BEASISWA STUNED MELIPUTI:

  • Uang kuliah
  • Biaya hidup (uang bulanan)
  • Biaya penelitian (bila diperlukan)
  • Paket asuransi (perjalanan, kesehatan, third party liability)
  • Biaya perjalanan internasional dan lokal
  • Biaya pembelian buku-buku kuliah
  • Biaya pengurusan visa


PROSEDUR PENDAFTARAN BEASISWA STUNED

Informasi tentang prosedur pendaftaran beasiswa StuNed dapat diakses melalui www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned

Oleh: Muhamad Erzal
(Dikutip dari www.nesoindonesia.or.id)