Mau Kuliah Drama? Ini Beasiswanya.

10 Februari 2014 Info Beasiswa   |    Ridwan Tanuwijaya


Siapa yang tidak suka dengan dunia panggung aksi? Mungkin bagi sebagian orang, drama terlihat membosankan. Tapi tanpa disadari dunia drama sudah ada sejak lama bahkan sejak kita bayi. Sebagai contohnya, jika waktu bayi sedang lapar, bayi tersebut akan menangis. Menangis bukan karena sakit tapi karena bayi tersebut menarik perhatian agar diberi makan. Bagi yang menyukai dunia akting, ini nih kesempatan buat mendapatkan studi gratis di Norwegia.

Pemerintah Norwegia menawarkan beasiswa Ibsen untuk proyek-proyek inovatif di penjuru dunia. Program ini terbuka bagi individu, organisasi atau institusi dan komunitas budaya. Beasiswa akan diberikan pada bidang drama dan seni pertunjukan. Ini merupakan insentif atas kritik wacana terhadap materi yang berhubungan dengan Henrik Ibsen dan karya-karya dramanya.

Program beasiswa Ibsen diinisiasi oleh pemerintah Norwegia sejak tujuh tahun lalu. Hingga saat ini, program tersebut telah menyokong 23 proyek seni di 17 negara. Total beasiswa yang diberikan adalah 1 juta krone atau sekira Rp1,9 miliar (Rp1.953 per 1 krone).

Pendaftaran dilakukan secara online. Pelamar harus melampirkan dokumen rencana keuangan pada berkas lamaran mereka. Seleksi dilakukan berdasarkan aplikasi tertulis yang diterima panitia sebelum deadline. Berkas yang tidak memenuhi syarat pendaftaran tidak akan dipertimbangkan dalam seleksi.

Deadline pendaftaran adalah 30 April 2014. Pemenang beasiswa akan diumumkan pada Skien International Ibsen Conference pada 22-23 September 2014 di Skien, Norwegia.

Informasi lengkap tentang beasiswa ini bisa disimak di laman Ibsen Awards

(Sumber www.okezone.com)