Mau Beasiswa Kedokteran di China?

8 Juni 2010 Info Beasiswa


Berminat kuliah kedokteran Barat tanpa biaya kuliah? Salah satu universitas di China menawarkan beasiswa kepada para mahasiswa Indonesia yang ingin menjadi dokter, baik bagi mahasiswa kedokteran umum (S-1) maupun spesialis (S-2).

Tawaran itu datang dari Chongqing Medical University, yang menawarkan beasiswa kepada para pelajar Indonesia untuk kuliah di program internasional bidang studi kedokteran Barat, baik kedokteran umum (MBBS) maupun spesialis (master).

Ketua Pertukaran Mahasiswa Beijing Language & Culture Institute (BLCI) Samuel Wiyono mengatakan, penawaran tersebut terkait dengan Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-China. "Jadi, bagi yang belum menguasai bahasa Mandarin, dapat langsung mengambil kuliah program gelar sehingga dapat menghemat waktu dan biaya," ungkap Samuel kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (6/6/2010).

Sebagai informasi, CQMU merupakan universitas pemerintah atau negeri khusus bidang studi kedokteran Barat yang terkemuka di Negeri Panda tersebut. Didirikan pada 1956, CQMU menjadi cabang dari Shanghai First Medical College yang sekarang menjadi Shanghai Medical College Fudan University.

CQMU kini berada di Kota Chongqing, yang memiliki penduduk berkisar 30 juta jiwa. Universitas ini telah mendapat pengakuan dari Kementerian Pendidikan China dan masuk jajaran Komite Pendidikan Lulusan Kedokteran Luar Negeri Amerika dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Jika mendapatkan beasiswa ini, maka mahasiswa Indonesia yang kuliah di Fakultas Kedokteran CQMU tidak perlu membayar uang kuliah. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk transportasi, dokumen, biaya hidup sehari-hari, dan tempat tinggal. Biaya hidup dan tempat tinggal lebih kurang sama bahkan cenderung lebih rendah dibandingkan biaya hidup di Jakarta," papar Samuel.

Bagi yang tertarik, informasinya bisa didapatkan di Seminar Pendidikan di China yang digelar oleh BLCI pada Sabtu-Minggu (13/6/2010) di Hotel Novotel Mangga Dua Square, Jakarta.

sumber: kompas.com