Kuliah di Negeri Sakura Lewat Beasiswa Master Sains di University of Tokyo 2015/2016

29 Desember 2014 Info Beasiswa


Siapa yang tidak tahu dengan University of Tokyo. Universitas ini merupakan universitas terbaik dalam pemeringkatan yang dilakukan Times Higher Education 2014 di Asia. Dalam skala global, University of Tokyo berada di urutan 11, di atasnya ada Yale University (8), California Institute of Technology (9), dan University of California, Los Angeles (10). Kini, ada kabar gembira bagi mahasiswa asing yang ingin kuliah di sana, termasuk Indonesia.

Kampus ini menyediakan beasiswa internasional di setiap tahunnya. Salah satu beasiswa yang dapat Anda ikuti adalah Graduate School of Science Scholarship for International Students (GSS Scholarship). Disamping bertujuan untuk membantu keuangan mahasiswa internasional berprestasi, beasiswa ini juga bertujuan dalam rangka meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang belajar di University of Tokyo.

GSS Scholarship merupakan beasiswa master untuk studi S2 sains di Graduate School of Science, University of Tokyo. Penerimanya akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar ¥150.000

Persyaratan:

  1. Mahasiswa internasional dengan dukungan dana sendiri. Tidak sedang menerima beasiswa pemerintahan Jepang (MEXT) atau beasiswa pemerintah di tanah air.
  2. Memiliki nilai memuaskan serta lulus ujian masuk pada program master di Graduate School of Science (www.s.u-tokyo.ac.jp).
  3. Prioritas diberikan bagi pelamar UTRIP (University of Tokyo Research Internship Program).


Dokumen aplikasi:

  1. Formulir aplikasi (unduh)
  2. Surat rekomendasi dari dosen fakultas dari universitas/perguruan tinggi


Pendaftaran:

Dokumen aplikasi diserahkan ke Graduate School of Science di waktu pendaftaran program master. Kirimkan ke:

Graduate School Office
Graduate School of Science, the University of Tokyo
Room 105, Faculty of Science Bldg. 1
7-3-1, Hongo Bunkyo-ku Tokyo 113-0033 JAPAN
Tel: +81-3-5841-4009


Pengiriman aplikasi paling lambat pada 30 April 2015 untuk perkuliahan yang dimulai Oktober 2015. Aplikasi yang dikirim nantinya akan dinilai oleh komite penyeleksi kemudian Dekan akan memutuskan penerima beasiswa yang berhasil berdasarkan nominasi dari komite seleksi. Selanjutnya akan dikirim pemberitahuan via pos bersamaan dengan surat penerimaan (acceptance letter) ke program master.

Informasi pertanyaan bisa menghubungi email: ilo@adm.s.u-tokyo.ac.jp atau tel: +81-3-5841-7630.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)