Kemenkeu Buka Tawaran Beasiswa Gelar Magister dan Doktor, Ada yang Minat?

26 Maret 2013 Info Beasiswa


Setelah mendapat S-1, ingin melanjutkan studi tanpa harus ada biaya? Mungkin tawaran ini merupakan tawaran yang tepat untuk anda. Pasalnya, Kementrian Keuangan atau Kemenkeu berbaik hati untuk menawarkan beasiswa kepada siapa saja yang berminat untuk melanjutkan studi gelar Magister dan Doktor di dalam dan luar negeri.

Program beasiswa ini ditargetkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang punya kemampuan akademik dan kepemimpinan yang tinggi, serta lulus seleksi melaksanakan studi pada program magister dan doktor.

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kemenkeu membuka program beasiswa tesis dan disertasi bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tesis atau disertasinya.

Jurusan yang ditawarkan untuk program ini cukup beragam di bidang ilmu yang mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI) seperti fakultas Teknik, Sains, Pertanian, Akuntansi dan Keuangan, Hukum, dan Agama.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, tentu saja ada syarat untuk kelayakan pelamar menerima beasiswa ini seperti pelamar pernah lulus program studi perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Jika anda sudah masuk Perguruan Tinggi diluar Negeri, syaratnya Perguruan Tinggi tersebut harus yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud).

Selain itu, pelamar harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,00 pada skala 4 untuk lulusan sarjana/diploma IV yang akan studi magister. Sedangkan lulusan Magister yang akan studi doktor harus memiliki IPK minimal 3,25 pada skala 4, penguasaan bahasa Inggris pelamar harus memenuhi skor TOEFL ITP minimal 500 untuk studi pada program magister/doktor di perguruan tinggi dalam Negeri dan TOEFL PBT minimal 550 atau yang setara untuk studi pada program magister/doktor di perguruan tinggi luar negeri dan/atau telah memiliki Letter of Acceptance (LOA).

Untuk kriteria dan berkas-berkas yang harus disiapkan adalah pelamar harus membuat surat tugas belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan, Memiliki surat keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja dan Memilih program studi dari perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.

Untuk pendaftaran hanya dilaksanakan secara online di http://www.lpdp.depkeu.go.id/index.php?page=cara-pendaftaran dan harus di unggah beserta dokumen yang sesuai dengan minat studi.

Jika kurang memahami, anda dapat melihat informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa LPDP dapat dibaca selengkapnya pada http://www.beasiswalpdp.org atau http://www.lpdp.depkeu.go.id.

Ayo jangan berpikir lama, segera daftarkan diri anda dan raih kesempatan ini. Pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka sejak 11 maret yang lalu dan harus diterima oleh panitia selambat-lambatnya tanggal 30 April 2013.

(Dikutip dari berbagai sumber)