Ini Dia Beasiswa Gelar Ganda Asian Peacebuilders Scholarship (Aps) 2017-2018

3 Agustus 2016 Info Beasiswa


Beasiswa dengan gelar ganda kini sedang digandrungi dan mulai banyak perguruan tinggi yang menyediakan program dengan lulusan yang akan menyandang dua gelar sekaligus. Salah satunya beasiswa yang akan kesekolah.com bahas berikut ini.

University for Peace (UPEACE), Costa Rica dan Ateneo de Manila University (AdMU), Filipina bekerjasama dengan Nippon Foundation menyelenggarakan program master gelar ganda bagi kedua kampus tersebut.

Melalui skema Asian Peacebuilders Scholarship (APS), Anda bisa mendaftarkan diri untuk masuk perkuliahan yang dimulai tahun akademik 2017 - 2018. Beasiswa APS menyediakan dua gelar diantaranya dari gelar MA (Master of Arts) dari UPEACE dan AdMU.

UPEACE sendiri menyediakan gelar MA dengan bidang terkait seperti studi Pembangunan Perdamaian, sedangkan AdMU memberikan gelar MA di bidang Ilmu Politik, khususnya Politik Global. Meski pelamar nantinya menjalani studi di dua kampus tersebut, pendaftaran cukup melalui UPEACE.

Kandidat pemenang nantinya akan mendapatkan beasiswa berupa tanggungan penuh tuiton fee, tiket penerbangan, uang saku bulanan yang bisa pemenang gunakan untuk biaya hidup yaitu sebesar USD 700/800

Penerima beasiswa S2 dual degree APS akan memperoleh tanggungan penuh biaya kuliah, tiket penerbangan, biaya transit dan sebagian visa, serta uang saku bulanan sebesar USD 700/800. Tidak hanya itu, nantinya kandidat akan mendapatkan pelatihan bahasa Inggris intensif yang berlangsung di Manila.

Tahun ini, APS menyediakan kuota beasiswa sebanyak 30 kursi. Program yang berdurasi 18,5 bulan - 21,5 bulan ini hanya ditujukan bagi pelamar negara Asia, termasuk Indonesia.

Beberapa program MA yang bisa di pilih diantaranya:

  • International Peace Studies
  • Media, Peace and Conflict Studies
  • Gender and Peacebuilding
  • Peace Education
  • International Law and Human Rights
  • International Law and the Settlement of Disputes
  • Environment, Development and Peace


◊ Specialisation in Sustainable Food Systems

◊ Specialisation in Climate Change Policy

◊ Specialisation in Environmental Security and Governance

◊ Specialisation in Natural Resource Management

  • Responsible Management and Sustainable Economic Development


Pilihan Program MA di AdMU:

  • Political Science, major in Global Politics (non-thesis track)


Persyaratan:

Semua aplikasi dari mahasiswa Asia diterima dengan Prioritas pelamar berikut:

  • Memiliki pengalaman kerja minimal 2 dua tahun di bidang yang relevan. Calon yang bagus dengan pengalaman kerja kurang dipertimbangkan ikutserta berdasarkan kasus per kasus. Pekerja sukarela, magang, dan kegiatan mahasiswa dapat dianggap sebagai pengalaman kerja, jika relevan untuk program tersebut.
  • Memperoleh gelar sarjana dari institusi yang bereputasi
  • Menunjukkan keinginan yang kuat untuk bekerja pada isu-isu yang berkaitan dengan perdamaian dan konflik
  • Menunjukkan komitmen untuk belajar dalam lingkungan internasional dan lintas-budaya.
  • Berasal dari negara di mana bahasa Inggris tidak banyak digunakan, khususnya, Jepang, Laos, Thailand, Vietnam, Myanmar, Indonesia, Kamboja, Sri Lanka, dan Filipina.


Dokumen aplikasi:

  1. Laporan skor tes kemampuan bahasa Inggris (PBT TOEFL minimum 523, CBT TOEFL 193, atau IBT TOEFL minimum 71.
  2. Statement of Purpose (minimum 1.000 kata)
  3. Surat rekomendasi (3 buah)
  4. Salinan ijazah dan transkrip sarjana
  5. Curriculum vitae atau resume
  6. Copy paspor
  7. Surat nikah
  8. Foto ukuran paspor


* Usia skor tes bahasa Inggris tidak lebih dari dua tahun. Skor tes IELTS bisa diajukan untuk pendaftaran dengan nilai minimal 5,5. Namun bersifat sementara. Nilai tes TOEFL tetap diminta dan harus dikirim selambat-lambatnya 30 September 2016.

Pendaftaran:

Pelamar yang berminat mengajukan beasiswa S2 dual degree yang ditawarkan UPEACE dan AdMU dapat mendaftar secara online melalui laman UPEACE. Isi formulir aplikasi online yang disediakan dan unggah dokumen aplikasi yang diminta.

Pendaftaran online paling lambat 15 Agustus 2016 untuk tahun akademik 2017 - 2018. Aplikasi yang dikirim akan dinilai oleh UPEACE dan AdMU. Bisa saja mereka meminta untuk melakukan wawancara via telepon atau Skype. Keputusan akhir seleksi akan diumumkan pada awal Desember 2016. Untuk informasi lebih lanjut bisa ditanyakan melalui email: specialprogrammes@upeace.org atau cek laman UPEACE (www.upeace.org).

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)