Ingin Kuliah di Inggris? Berikut Beberapa Lembaga Beasiswanya..

25 Maret 2013 Info Beasiswa


Siapa yang tidak ingin kuliah di Inggris? Semua orang jika diberi kesempatan pasti akan mengambilnya. Terlintas dari pikiran kita seperti angan-angan saja. Namun sekarang angan-angan tersebut bisa menjadi kenyataan.

Pasalnya, berbagai lembaga Inggris banyak memberikan tawaran beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi. Jadi tidak perlu cemas kehabisan beasiswa untuk kuliah di Inggris.

Melalui berbagai program beasiswa, pemerintah Inggris memberi kesempatan pelajar internasional menempuh studi sarjana dan pascasarjana secara gratis.
Jika tertarik untuk bersekolah di Inggris melalui jalur beasiswa, berikut beberapa lembaga pemberi beasiswa di negara Ratu Elizabeth.

Berikut program / lembaga yang menyediakan beasiswa gratis untuk calon beasiswa.

1. Jardine Foundation Scholarship

Beasiswa ini dikhususkan untuk peminat universitas terkenal seperti Cambridge University atau Oxford University. Mereka yang melamar harus berusia di bawah 25 tahun. Sejak 1982, beasiswa ini telah membiayai lebih dari 100 scholar, termasuk dari Indonesia. Info lebih lanjut dapat dilihat di http://www.jardines.com/assets/files/Community/Foundation/prospectus.pdf

2. Chevening Scholarshihp

Beasiswa ini disponsori oleh Pemerintah Inggris melalui Kantor Kementerian Luar Negeri (Foreign and Commonwealth Office atau FCO). Beasiswa akan diberikan untuk jenjang S-2 (Master) selama satu tahun di universitas atau institusi pendidikan yang berada di Inggris Raya. Sebagai penerima beasiswa ini kita akan mendapatkan fasilitas biaya hidup, biaya kuliah, dan tiket pulang pergi.

3. Beasiswa DIKTI (DGHE Scholarship)

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan membuka pendaftaran beasiswa penuh S-2 dan S-3 ke luar negeri bagi para dosen tetap PTN, dosen DPK dan dosen tetap yayasan (PTS) di lingkungan Kemendikbud.
Bagi yang berminat melamar beasiswa tersebut, silakan mendaftar secara online di http://beasiswa.dikti.go.id/

4. Beasiswa Unggulan (High Achiever Scholarship)
Program beasiswa ini diberikan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih. Mereka yang melamar haruslah memiliki potensi dan prestasi pada bidang ilmu sesuai rumpun keilmuan yang diakui Kemendikbud.
Informasi lebih lanjutbisa melihatnya di http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/

5. Beasiswa Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution (Spirit)

Beasiswa yang dikelola Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan seleksinya diselenggarakan tiap tahun. Selain beasiswa S-2 dan S-3 dalam dan luar negeri, ada juga program beasiswa non-gelar. Info bisa dilihat di http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id/

6. Beasiswa Islamic Development Bank (IDB)

Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar di bidang Applied Science and Technology yang berasal dari negara anggota IDB. Ada tiga skema beasiswa yang disediakan IDB, namun yang berlaku bagi warga negara Indonesia adalah Beasiswa Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP). Info bisa di simak di http://atdikbudlondon.com/indonesian-students/artikel-mhs/beasiswa-idb-dengan-tunjangan-keluarga/

7. Beasiswa Open Society Institute (OSI)
Sarjana Indonesia bisa kuliah tingkat Master di Inggris melalui beasiswa OSI ini. Simak informasi lengkapnya di website OSI mengingat kerjasama atau peluang universitas tiap tahun berbeda. Info bisa dilihat di http://www.opensocietyfoundations.org/grants

(Dikutip dari berbagai sumber)