Ingin Dapat Beasiswa Pasca Sarjana? Raih Beasiswanya Disini...

8 April 2013 Info Beasiswa


Ingin memiliki kesempatan untuk kuliah di luar Negeri? Bisa jadi ini menjadi salah satu pilihan anda jika ingin melanjutkan studi. Program beasiswa yang ditawarkan ini terbuka bagi para pelamar dari kalangan apa saja.

Pasalnya, Pemerintah Selandia Baru membuka program beasiswa New Zealand yang bekerjasama dengan ASEAN Scholars Awards (NZ-AS) untuk jenjang pascasarjana. Pelamar yang akan dipilih adalah mereka yang menunjukkan kualitas atau potensi kepemimpinan dengan kemampuan akademis yang baik dari sektor negeri maupun swasta. Mereka yang bisa melamar termasuk pegawai negeri sipil (PNS), dosen, serta pegiat lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan berbagai yayasan.

Setelah tamat studi, semua pelamar harus menunjukkan bagaimana bidang studi yang akan mereka ambil dapat memberikan kontribusi bagi strategi pembangunan Indonesia secara keseluruhan. Prioritas akan diberikan kepada pelamar yang memilih kajian tentang pengembangan ekonomi berkelanjutan, terutama dalam bidang agrikultur, energi terbarukan (khususnya geotermal) dan manajemen risiko bencana.

Pelamar bisa berasal dari Kawasan Timur Indonesia seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. KTI adalah wilayah Indonesia yang menjadi fokus program pengembangan oleh Selandia Baru mengingat banyaknya tantangan di wilayah ini ketimbang wilayah Indonesia lainnya.

Namun pekerja sektor pemerintahan yang dapat melamar program ini adalah yang berasal dari agrikultur, kehutanan, energi dan sumber daya mineral, serta kelautan dan perikanan. Pegawai negeri sipil dari sektor lingkungan, pariwisata, pendidikan, hubungan luar negeri, kepolisian, perencanaan pembangunan, pertahanan dan keamanan, serta penanggulangan bencana juga dapat melamar.

Total 182 beasiswa penuh pada program ini yang akan dibagikan kepada para pelajar dari negara ASEAN, 50 di antaranya akan diberikan kepada pelamar dari Indonesia. Pelamar haruslah berumur di bawah 40 tahun jika melamar program S-2, dan di bawah 45 tahun jika melamar program S-3.

Jika anda tertarik, segera aplikasikan data diri anda pada tanggal 22 April mendatang. Untuk informasi lebih rinci dapat dilihat di http://www.aid.govt.nz/webfm_send/445 .

(Dikutip dari berbagai sumber)