Dapatkan Beasiswa S2/S3 + Asuransi Kesehatan di Kaust 2015

22 September 2015 Info Beasiswa


Arab Saudi kini menjadi salah satu negara favorit bagi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Jenis beasiswa untuk menempuh studi di Arab Saudi juga kini sudah banyak. Salah satunya ialah beasiswa yang ditawarkan oleh KAUST (King Abdullah University of Science and Technology).

KAUST memberikan paket beasiswa bagi mereka yang diterima program master dan PhD. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang S2 master/MS dan S3 Mahasiswa doktor/PhD.

Kandidat akan mendapatkan uang saku sebesar USD 25000/tahun untuk jenjang S3 dan akan meningkat sebesar USD 30000/tahun setelah anda lulus ujian kualifikasi, proposal atau kandidat doktoral (PhD). Sedangkan untuk mahasiswa master/MS (S2) akan mendapat uang saku sebesar USD 20000/tahun.

Untuk masalah kesehatan, para kandidat juga akan mendapat asuransi kesehatan dan Anda akan secara otomatis didaftarkan sebagai anggota BUPA (asuransi kesehatan Saudi) dan dibayar penuh preminya oleh KAUST. Ini berlaku untuk anda dan anggota keluarga yang mendampingi.

Masalah transportasi, kandidat juga mendapatkan tiket pesawat pulang-pergi ke Indonesia (atau negara lain) satu kali setiap tahun.

Persyaratan:

  • KAUST tidak menentukan batas IPK minimum bagi calon mahasiswa S2/S3. Anda bisa mendaftar meski memiliki IPK rendah. Akan tetapi, IPK rata-rata dari mahasiswa yang sudah diterima di KAUST saat ini adalah 3.7 (ini didapat dari data resmi KAUST).
  • TOEFL IBT 79 / minimum IELTS 6.
  • GRE (Graduate Record Examination). KAUST sangat menganjurkan pendaftar untuk menyertakan nilai GRE, tetapi tidak diharuskan.
  • Transkrip S1 dan/atau S2. Hasil scan dari transkrip S1 dan S2 diupload ke sistem aplikasi online. Setelah dinyatakan diterima oleh KAUST, hardcopy transkrip harus dikirim langsung ke KAUST oleh kampus yang mengeluarkan transkrip.
  • Statement of Purpose. Mengumpulkan Statement of Purpose yang isinya motivasi, persiapan, riset yang kamu minati, dan rencana masa depan Anda.
  • Surat rekomendasi dari 3 dosen/professor yang pernah membimbing/bekerjasama/mengenal Anda.


Pendaftaran:

Proses pendaftaran dimulai dengan pencarian calon profesor pembimbing S2/S3 kita. Biasanya calon mahasiswa memulai perburuannya dengan browsing website KAUST dan melihat lihat profil profesor yang memiliki bidang penelitian yang cocok dengan minat dan latar belakang penelitian calon mahasiswa.

Ketika sudah menemukan calon profesornya, langsung hubungi beliau dengan mengirim email dan tanya apakah beliau tertarik untuk merekrut murid baru.

Deadline pendaftaran maksimal pada 1 November 2015 (hanya dibuka untuk Program PhD/S3). Untuk yang ingin memulai kuliah pada September, deadline pendaftaran pada 15 January (terbuka untuk Master dan PhD). Pengumuman berkisar sekitar 2 atau 3 bulan setelah deadline pendaftaran.

Catatan: Beasiswa diterima dalam Saudi Arabi Riyal (SAR). Kunjungi website resmi KAUST di http://www.kaust.edu.sa/admissions/admissionsfaqs.html

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)