Beasiswa Prestasi S2 di Utrecht, Belanda 2016

19 Oktober 2015 Info Beasiswa


Negeri kincir angin kini menjadi salah satu tujuan favorit para pemburu beasiswa di Indonesia. Selain karena banyak landmark yang indah, bisa melanjutkan studi di sana merupakan suatu kebanggan tersendiri.

Belanda memiliki beberapa universitas yang rutin memberikan beasiswa kepada mahasiswa lokal maupun internasional. Salah satu beasiswa berikut ini bisa jadi adalah langkah Anda untuk mewujudkan studi di negeri kincir angin tersebut.

Beasiswa yang bernama Utrecht Excellence Scholarships ini disediakan khusus Utrecht University bagi mahasiswa internasional yang berasal dari luar Uni Eropa (EU) atau Kawasan Ekonomi Eropa (EEA).

Program ini merupakan beasiswa prestasi yang salah satu pertimbangan utamanya adalah capaian akademik yang diraih sebelumnya. Beasiswa akan diberikan dalam bentuk tanggungan biaya kuliah saja atau biaya kuliah plus tunjangan hidup per tahun sebesar 11.000 Euro.

Kandidat yang berhasil bisa menggunakan beasiswa tersebut untuk studi gelar master berdurasi 1 sampai 2 tahun. Kuota untuk tahun akademik yang akan datang 2016/2017 berkisar sebanyak 20-25 kursi yang nantinya dibagi di enam sekolah pascasarjana di Utrecht University.

Program pascasarjana di Utrecht University:

  1. Graduate School of Geosciences
  2. Graduate School of Humanities
  3. Graduate School of Law, Economics and Governance
  4. Graduate School of Life Sciences
  5. Graduate School of Natural Sciences
  6. Graduate School of Social and Behavioural Sciences


Tidak semua program studi berpartisipasi untuk Utrecht Excellence Scholarships. Karena itu, pelamar dapat mengeceknya di www.uu.nl/masters > master’s programme > Tuition fees and financial support.

Persyaratan:

  1. Merupakan lulusan 10 persen terbaik di kelas
  2. Memegang paspor non Uni Eropa/EEA dan tidak memenuhi syarat untuk dukungan sistem pinjaman dan hibah studi Belanda
  3. Menyelesaikan sarjana di luar Belanda
  4. Mendaftar untuk program master internasional yang dimulai 1 September 2016


Dokumen aplikasi:

  1. Bukti merupakan lulusan 10 persen terbaik di kelas
  2. Contoh essai / karangan (khusus program di Graduate School of Geosciences and Economics)


Pendaftaran:

Pelamar non Uni Eropa/EEA akan diberikan opsi untuk mengajukan aplikasi Utrecht Excellence Scholarship yang akan tersedia mulai 15 Oktober. Setelah itu, upload dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas pada opsi aplikasi beasiswa tersebut. Perlu dipahami, beasiswa berlaku untuk program master yang dimulai 1 September 2016. Sementara, program yang mulai berjalan pada Februari tidak memenuhi syarat untuk beasiswa S2. Deadline aplikasi paling lambat adalah 1 Februari.

Aplikasi untuk beasiswa hanya akan diproses jika Anda telah mengajukan aplikasi ke program master. Pelamar akan diinformasikan mengenai hasil dari seleksi beasiswa setelah mendapatkan keputusan kelulusan di program master.

Beberapa kriteria seleksi di antaranya keunggulan akademik dan hasil kualifikasi sebelumnya, kualitas dan relevansi dari surat motivasi untuk program master, serta kualitas aplikasi untuk program master itu sendiri.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)