Beasiswa ke Selandia Baru

29 Januari 2014 Info Beasiswa


Selandia Baru, tak pernah kehilangan daya tariknya untuk mendatangkan turis. Negara yang berada dekat dengan Australia ini pun menjadi salah pilihan dalam melanjutkan studi. Studi dengan beasiswa pun tersedia. Setidaknya, 50 warga Indonesia mendapat beasiswa ke negeri itu setiap tahun.

Selain di bidang pendidikan, Selandia Baru juga menjadi destinasi pembuatan film bertaraf Hollywood. Sebagai salah satu contohnya adalah film berjudul "The Lord of The Ring" trilogi yang sukses masuk dalam top box office jajaran atas. Selandia Baru dipilih sebagai tempat syuting film tersebut karena pemandangannya yang masi alami.

Programme Manager Scholarship PT Austraining Nusantara Martanova Hartoyo, Jumat (24/1/2014) di Jakarta mengatakan, untuk 2014, pendaftaran aplikasi beasiswa dibuka sekitar Februari sampai April.

Dalam pertemuan 50 penerima beasiswa, alumni, Selasa (21/1) di Jakarta, Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia dan Negara-Negara Asean David Taylor mengatakan, biasanya tidak ada pengurangan jumlah penerima beasiswa. Namun, pihaknya masih menunggu keputusan menteri terkait jumlah beasiswa yang akan diberikan.

Penerima beasiswa pada 2013 pun sudah lebih dari tiga kali lipat ketimbang saat program ini dimulai pada 2011. Saat itu, beasiswa diberikan hanya kepada 15 orang.

Beasiswa New Zealand Asean Scholars (NZ-AS Awards) fokus pada bidang-bidang studi yang mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia. Karenanya, sektor yang diutamakan antara lain terkait agrikultur, energi terbarukan terutama geothermal, dan manajemen kebencanaan. Di sisi lain, kampus-kampus di Selandia Baru memiliki spesialisasi di bidang-bidang tersebut..

(Sumber www.kompas.com)