Asyik, Ada Beasiswa S-1 Teknik di Jepang, Buruan Daftar!

20 Mei 2014 Info Beasiswa


Jepang merupakan negara maju dalam bidang apapun, terutama dalam bidang teknik. Pada kesempatan ini pemerintah Jepang melalui program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) memberikan bantuan studi S-1 dalam bidang Teknologi. Durasi beasiswa adalah empat tahun dan termasuk program persiapan bahasa Jepang.

Program ini memberikan beasiswa penuh meliputi semua biaya studi dan tunjangan bulanan. Biaya yang ditanggung MEXT Jepang adalah biaya ujian masuk, matrikulasi dan uang kuliah. Setiap penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan 117 ribu yen tiap bulan. Tunjangan tambahan senilai 2.000 atau 3.000 yen akan diberikan kepada mahasiswa yang menyelenggarakan riset di wilayah tertentu.

Besaran tunjangan ini bisa jadi berubah, tergantung dari bujet tahunan. Beasiswa tidak akan diberikan kepada penerima yang mengambil cuti kuliah.

Selain biaya studi dan tunjangan biaya hidup, setiap penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan perjalanan ke dan dari Jepang dengan menggunakan pesawat kelas ekonomi. MEXT Jepang tidak akan menanggung biaya transportasi tambahan seperti ongkos perjalanan darat, airport tax, serta biaya perjalanan lainnya.

Anda harus sudah berada di Jepang pada 1-7 April 2015. Jika Anda tidak dapat tiba di Jepang pada periode tersebut, maka biaya tiket pesawat Anda tidak akan ditanggung MEXT Jepang.

Pelamar haruslah merupakan lulusan SMA yang lahir pada periode 2 April 1993 hingga 1 April 1998. Anda juga harus berkenan mempelajari bahasa Jepang dan mengikuti perkuliahan dalam bahasa Jepang.

Syarat lainnya, Anda harus sehat secara fisik dan mental. Jika Anda melamar pada jurusan teknik maritim, maka Anda tidak boleh mengenakan kacamata dan buta warna.

Untuk melamar, siapkan dokumen berikut ini:

- Formulir pendaftaran dan formulir penerimaan mahasiswa baru

- Pasfoto 4,5 x 3,5 cm yang diambil selama enam bulan terakhir. Tuliskan nama dan kewarganegaraan Anda di belakang foto.

- Transkrip akademik tiga tahun terakhir

- Surat rekomendasi dari kepala sekolah terakhir

- Ijazah terakhir

- Sertifikat ujian masuk universitas (jika ada)

- Surat keterangan sehat

Deadline pendaftaran beasiswa MEXT ini berbeda-beda untuk tiap negara. Silakan cek informasinya di Kedutaan Besar Jepang.

Simak informasi lengkap tentang beasiswa ini di laman MEXT.

(Dikutip dari Okezone.com)