Ada Beasiswa Sobat Bumi 2014 untuk S1 Nih, Intip Infonya Yuk

30 Juni 2014 Info Beasiswa


Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation (BSBPF) merupakan program beasiswa yang digagas oleh Pertamina Foundation untuk mendukung terciptanya budaya dan kehidupan ramah lingkungan. Beasiswa Sobat Bumi juga bertujuan untuk memberikan kesempatan lahirnya calon-calon pemimpin bangsa yang memiliki wawasan tentang kehidupan ramah lingkungan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta mengajak orang lain untuk berbudaya ramah lingkungan. Ada kesempatan lagi bagi Anda yang ingin mengejar beasiswa S1. Beasiswa Sobat Bumi 2014 kini dibuka.

Program ini ditawarkan bagi pelamar yang sedang mengambil studi sarjana di semester 4 atau telah menyelesaikan semester 4 pada universitas mitra Beasiswa Sobat Bumi. Setiap tahun melalui Pertamina Foundation, Beasiswa Sobat Bumi hadir. Menariknya, Beasiswa Sobat Bumi tidak semata menyediakan bantuan studi tapi melibatkan secara aktif para kandidat terpilih pada program pelestarian lingkungan dan alam yang menjadi salah satu sasaran beasiswa. Beasiswa Sobat Bumi 2014 meliputi penggantian biaya pendidikan setiap semester, biaya hidup bulanan sebesar Rp 500 ribu, dukungan proyek komunitas melalui Beasiswa Sobat Bumi, kemudian dukungan untuk tugas akhir. Mereka yang mengajukan tugas akhir dan terpilih akan mendapatkan bantuan dengan nominal maksimal Rp 10 juta.

Selain itu, disediakan kesempatan belajar di Pertamina Foundation dan PT Pertamina (Persero). Yang sedang kuliah akan mendapat kemudahan untuk praktek kerja lapangan (PKL) di PT Pertamina (Persero). Kemudian ada juga pertemuan tahunan bagi para penerima beasiswa se-Indonesia.

Perguruan tinggi mitra:

1. Universitas Syah Kuala
2. Universitas Negeri Padang
3. Universitas Indonesia
4. Institut Pertanian Bogor
5. Institut Teknologi Bandung
6. Universitas Negeri Semarang
7. Institut Teknologi Sepuluh November
8. Universitas Negeri Surabaya
9. Universitas Udayana
10. Universitas Mulawarman
11. Universitas Negeri Makassar
12. Universitas Sumatera Utara
13. Universitas Sriwijaya
14. Universitas Negeri Jakarta
15. Universitas Padjajaran
16. Universitas Diponegoro
17. Universitas Gadjah Mada
18. Universitas Airlangga
19. Universitas Brawijaya
20. Universitas Mataram
21. Universitas Hasanuddin

Kriteria seleksi:

1. Memiliki jiwa kepemimpinan serta mampu terlibat dalam gerakan ramah lingkungan
2. Memiliki tingkat kedewasaan dalam mengelola emosi, percaya diri, dan mampu beradaptasi serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
3. Memiliki pikiran terbuka dan berpikir untuk maju
4. Cinta tanah air
5. Berkomitmen untuk mewujudkan sinergi antara kelestarian lingkungan dan kemajuan bangsa

Peryaratan:

1. Umum

a. Warganegara Indonesia, dibuktikan dengan dokumen yang relevan seperti fotokopi kartu tanda penduduk (KTP)
b. Pernah memimpin atau aktif dalam organisasi kampus atau di luar kampus
c. Aktif dalam kegiatan masyarakat
d. Melampirkan Surat Pernyataan Penerima Beasiswa Sobat Bumi (format terlampir)
e. Melampirkan surat rekomendasi dari perguruan tinggi asal (format terlampir)
f. Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat khususnya pegiat lingkungan dan pendidikan (format terlampir)
g. Melampirkan dokumen pendukung
› Pas foto ukuran 4x6
› Copy KTM
› Copy kartu keluarga
› Copy kartu hasil studi terbaru

2. Khusus

a. Mahasiswa aktif dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas 3.01. Pelamar mampu membuktikannya dengan menunjukkan fotokopi transkrip nilai terakhir
b. Telah menyelesaikan dan atau sedang melaksanakan studi pada semester 4 di perguruan tinggi program Pertamina Beasiswa Sobat Bumi
c. Beasiswa hanya untuk kelas reguler, tidak berlaku untuk kelas ekstensi, internasional ataupun perguruan tinggi luar negeri.

Dokumen pendukung:

1. Pas Foto ukuran 4 x 6
2. Copy KTM /
3. KTP
4. Kartu Keluarga
5. Copy transkrip dilegalisir
6. Copy Kartu Rencana Study
7. Surat Rekomendasi Tokoh
8. Surat Rekomendasi Kampus
9. Surat Pernyataan Penerima Beasiswa Sobat Bumi

Pendaftaran:

Penerimaan aplikasi dibuka 23 Juni hingga 20 Juli 2014. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman www.sobatbumi-indonesia.org.

Langkahnya:

1. Lakukan download formulir pendaftaran
2. Isi Biodata dan kelengkapan administrasinya
3. Kirimkan formulir pendaftaran beserta lampirannya ke: daftar@sobatbumi-indonesia.org dengan subject dan nama berkas sebagai berikut: Nama_Univ_Fak_Jurusan_Nim

Seleksi:

Setelah menerima berkas pendaftaran, tim seleksi akan melakukan validasi dan pengecekan kelengkapan. Berkas yang lolos akan diikutsertakan dalam tes substansi, sedangkan yang tak lolos akan menerima pemberitahuan.

Kemudian akan ditentukan peserta yang berhak lolos dalam wawancara. Dalam tes wawancara, pelamar akan berhadapan dengan tiga unsur, yaitu perwakilan Pertamina Foundation, PT Pertamina (Persero), perguruan tinggi setempat, serta alumni Beasiswa Sobat Bumi. Pertanyaan bisa disampaikan via email: mail@pertamina-foundation.org.

Tentunya beasiswa ini merupaka peluang emas bagi Anda yang sedang mencari program beasiswa. Jadi, bagi Anda yang berminat, persiapkan diri Anda dan jangan sampai ketinggalan dalam meraih Beasiswa Sobat Bumi 2014 ini.

Oleh: Indra K
(Sumber: www.beasiswapascasarjana.com)