Ada Beasiswa dari Universitas di Arab Saudi Lho!

13 Agustus 2014 Info Beasiswa


KAUST (King Abdullah University Science and Technology) adalah salah satu universitas terbesar di Arab Saudi. Universitas ini bergerak di bidang sains yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan teknologi. Setiap tahunnya KAUST sering memberikan beasiswa bergengsi bagi mahasiswa internasional. Beasiswa ini tersedia melalui skema KAUST Fellowship untuk jenjang studi master (S2) dan PhD (S3).

Sebagai kampus sains dan teknologi terkemuka di Arab Saudi, beasiswa diberikan untuk beberapa bidang keilmuan, yakni komputer, matematika, kimia, biologi, ilmu kelautan, teknik mesin, teknik listrik, dan teknik lingkungan. Penerima beasiswa akan mendapatkan tanggungan penuh biaya kuliah, tunjangan hidup $20.000-$30.000 per tahun (± Rp 230-345 juta), tempat tinggal, asuransi kesehatan, tiket pesawat pulang pergi Indonesia, dan tawaran menarik lainnya, seperti kesempatan riset bersama profesor ternama dunia, kolaborasi riset dengan perusahaan besar dunia seperti Saudi Aramco, Boeing, Schlumberger, dll, serta akses menggunakan fasilitas riset paling mutakhir di KAUST.

Pendaftaran:

Tips sebelum melakukan pendaftaran di KAUST sebaiknya pelamar mencari calon profesor pembimbing S2/S3. Cara ini bisa dilakukan dengan browsing di laman website KAUST. Setelah ketemu, Anda bisa langsung mengontaknya dengan mengirimkan email dan menanyakan apakah mereka tertarik merekrut murid baru. Biasanya setelah ada balasan, mereka akan minta untuk mengatur jadwal wawancara. Jika tertarik, Anda akan diminta untuk mendaftar secara online. Normalnya, untuk perkuliahan yang dimulai Januari, deadline pendaftaran adalah 1 November (hanya dibuka untuk PhD).

Persyaratan:

1. KAUST tidak menentukan batasan minimal IPK. Namun rata-rata IPK mahasiswa yang diterima di KAUST adalah 3.7 dengan skala 4.0.

2. Mahir dalam bahasa Inggris. Minimum TOEFL IBT 79, IELTS minimal 6.0

3. Dianjurkan untuk melampirkan nilai GRE (graduate record examination), tapi tidak wajib.

4. Hasil scan tranksrip S1 dan S2 yang diupload secara online.

5. Menyertakan Statement of Purpose sekitar 750 kata

6. Tiga surat rekomendasi dari dosen/profesor

Bagi yang ingin studi mulai September deadline pendaftaran adalah 15 Januari (terbuka untuk master dan PhD). Pengumuman berkisar 2 atau 3 bulan setelah deadline berakhir. Pendaftaran secara online bisa Anda ajukan di sini.

KAUST menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, sehingga tidak harus menguasai bahasa Arab. Pendaftaran terbuka bagi pelamar muslim maupun non muslim.

Ayo ! bagi para pencari beasiswa, khususnya untuk jenjang Study Master. Buruan daftar dan buktikan bahwa Anda bisa dan layak memperoleh beasiswa yang Anda impikan.

Oleh: Indra K
(Sumber: www.beasiswapascasarjana.com)